you're reading...
Basic

Cara install CWM recovery pada Galaxy Ace

How to :
1. Pastikan Samsung galaxy ace anda sudah diupdate ke android versi gingerbread (lihat disini) dan di root (lihat disini).
2. Download ClockWorkModAce.zip. lalu pindahkan ke sdcard di hp anda.
3. Matikan hp anda lalu masuk ke mode recovery, (lihat disini caranya).
4. Pilih menu Apply Update from SDcard. Lalu pilih file yang barusan di download.
5. Restart dan selesai. Untuk memastikan coba masuk lagi ke mode recovery.

Sebagai informasi, CWM recovery yang saya berikan diatas adalah versi 4. Update CWM versi terbaru bisa anda download disini.
Untuk instalasinya, pilih menu install from sd-card lalu pilih file update cwm tersebut kemudian restart.

CHEERS.

Discussion

13 thoughts on “Cara install CWM recovery pada Galaxy Ace

  1. Apa yang terjadi bila proses Istall CWM aborted atau
    gagal, apakah si Ace akan BRICK(mati total) ?
    Dan apa hal pertama yang harus dilakukan bila proses
    Install CWM ternyata aborted atau gagal?

    Posted by Mara | May 7, 2012, 7:59 pm
    • Saya belum pernah gagal ketika melakukan instalasi CWM recovery, jadi saya tidak tahu efek sampingnya.
      Tapi, setahu saya, instalasi CWM tidak menyentuh partisi /boot dari device anda, jadi seharusnya kemungkinan untuk terjadi HARDBRICK hampir nihil (setau saya loh ya).
      Kalaupun gagal dan terjadi masalah pada device android anda, anda bisa melakukan flashing ulang melalui ODIN seperti yang saya jelaskan pada artikel saya yang lain.
      Untuk berjaga2, ada baiknya anda meng-extract file dari link yang saya berikan untuk memastikan kalau file tersebut tidak corrupt.

      CHEERS!

      Posted by angga2oioi | May 7, 2012, 8:10 pm
  2. Gan, ciri-ciri file’nya corrupt (setelah di extract) tu gmana ya?
    Trus, ada hubungannya gak istall file .zip dengan partisi microSD?
    soalnya ada yang bilang kalo sebelumnya kita udah partisi microSD maka proses istall file .zip bisa gagal, Gimana menurut agan?
    Makasi sebelumnya

    Posted by Mara | May 7, 2012, 9:26 pm
    • Klo filenya corrupt, gak kan bisa diextract, biasanya muncul error waktu mau diextract via winzip ato winrar.
      Install zip gak berpengaruh ke sdcard koq. Sdcard saya sudah dipartisi dan saya sudah berkali-kali install script/mod/tweak/cusrom dan semuanya lancar.
      Semoga membantu..

      Posted by angga2oioi | May 7, 2012, 9:34 pm
  3. Thanks Gan buat infonya, saya udah berhasil istall CWM
    Trus menurut agan custom ROM apa yang paling bagus untuk ace dan apa bug yang terdapat pada custom ROM tersebut, dan kalo boleh tau agan saat ini make custom ROM apa?

    Posted by Mara | May 8, 2012, 2:43 pm
    • Kalo yang paling bagus sih relatif ya, tapi saya merekomendasikan untuk pake AOSP BETA-1 dari SlaidMod seperti yang saya bahas di artikel saya yang lain. Kekurangannya adalah dia gak bisa melakukan sync contact facebook ke hp anda jika tidak menggunakan aplikasi facebook for android. Selebihnya itu rom terbaik buat saya.
      Tapi saat ini saya masih coba2 rom lain, siapa tau ada yang lebih baik lagi.

      Posted by angga2oioi | May 8, 2012, 7:19 pm
  4. Gan, sebelum istall CWM sebelumnya perlu istall busybox gak?

    Posted by Bagus | June 5, 2012, 8:00 am
  5. @ ANGGA2OIO knpa sy root pada sy sdh klik upd 1_.zip tertulis instaled aborted ‘E: error in /tmp/sideload/package.zip status 7′ ? ada solusi nya gak bang .? apakah ada pengaruh dri kartu sd ?

    Posted by wilsansantoso@yahoo.co.id | July 29, 2012, 10:34 pm
    • Coba extract file upd_1.zip yang anda download untuk memastikan apakah file zip tersebut corrupt atau terdapat error. Jika error, coba download ulang file tersebut.
      Namun sebelumnya, pastikan apakah firmware yang anda pakai saat ini adalah versi 2.3.

      Posted by angga2oioi | July 30, 2012, 12:16 am
  6. ANGGA2OIOI@ firmware yang sy pakai saat ini adalah versi 2.3.6 tpi slalu eror (status 7) . apakah solusi lainnya ? sy mua root soalnya sy mau custom rom n instal CMW

    Posted by wilsan | July 31, 2012, 1:04 pm

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 97 other followers

