you're reading...
Tweak

Partisi SD-EXT Untuk Internal Memory yang Lebih Lega

Salah satu kekurangan dari samsung galaxy ace adalah internal memorinya yang cuma 128MB sehingga membatasi jumlah aplikasi / game yang bisa kita install. Padahal aplikasi game di android belakangan ini berukuran cukup besar sehingga kita harus pilih-pilih aplikasi yang harus di-uninstall terlebih dahulu.
Meskipun ada aplikasi seperti app2sd yang membuat data dari beberapa aplikasi bisa dipindah ke sd-card, namun bagi saya itu tidaklah cukup. Apalagi jika aplikasi yang dipindah memiliki fitur widget, maka widget tersebut tidak akan bisa digunakan.
Meski begitu, masih ada satu cara yang cukup berguna untuk menambah jumlah aplikasi yang bisa diinstall di hp kita tanpa harus mengorbankan fitur widget, yaitu dengan memindahkan data aplikasinya ke partisi sd-card.

Yang dibutuhkan:
1. Samsung galaxy ace dengan customROM 2.3.+ (harus custom rom , stock rom asli dari pabrik tidak bisa digunakan) dan sdcard minimal 2GB (bisa menggunakan sdcard bawaan pabrik saat anda membelinya).
2. Akses root.
3. CWM Recovery , harus yang versi 5.0.2.6. Jangan gunakan cwm versi lain.

Sebelum memulai, ada baiknya anda membuat backup dari sd-card anda ke pc/laptop karena proses partisi dapat menghilangkan SELURUH data yang ada di sd-card anda.

Tahap pertama; membuat partisi.
1. Pastikan battery anda masih sehat dan berada pada posisi minimal 70%. Atau lebih baik lakukan proses berikutnya sambil melakukan charge untuk mencegah kerusakan akibat power loss.
2. Masuk ke CWM Recovery. Pilih advance > partition Sd-card.
3. Pada tampilan berikutnya, anda diharuskan untuk memilih ukuran dari partisi yang anda buat. Pilih ukuran yang sesuai dengan kapasitas sd-card anda dengan perbandingan 1:4. Misalnya kapasitas sdcard anda 2gb, maka pilih angka 512 M.
4. Berikutnya anda diharuskan memilih ukuran swap size. Pilih angka 0 M dan proses partisi akan dimulai.
5. Tunggu sampai selesai. Proses ini akan memakan waktu agak lama, jadi sabar saja.
6. Setelah selesai, restart dan anda siap masuk ke tahap kedua.

Tahap kedua, Install script..
Ada 2 script yang bisa digunakan tergantung pada ROM yang anda pakai.
Khusus untuk cm7 based ROM, anda dapat menggunakan aplikasi S2E yang bisa didownload dari playstore. Selesai download, buka aplikasi tersebut lalu aktifkan semua opsi yang bisa digunakan.
image

Kemudian tekan tombol menu, pilih setting, cabut centang pada opsi extended partition info dan aktifkan opsi mount as ext4.
image

Kemudian restart hp anda untuk mengaktifkan scriptnya.

Jika anda menggunakan ROM selain CM7, maka anda harus menggunakan script darktremor yang bisa didownload disini. Setelah download, install script tersebut via CWM Recovery dengan MOUNT >> /SYSTEM lalu restart.
Untuk mengaktifkannya, anda perlu aplikasi A2SDGUI yang bisa anda dapatkan dari playstore.
Setelah install, jalankan aplikasi tersebut dan aktifkan opsi apps on dan zipalign.

image

Setelah itu buka tab davik lalu aktifkan opsi dalvik cache on sdcard lalu pilih tombol Move and rebuild kemudian hp anda akan restart secara otomatis untuk mengaktifkan script tersebut.
image

Selesai. Anda bisa melihat perbedaannya di setting > Application > Manage Application.

Cheers !!

Discussion

31 thoughts on “Partisi SD-EXT Untuk Internal Memory yang Lebih Lega

  1. Gan, stock rom asli dari pabrik gak bisa makek A2SD GUI Darktremor ya?

    Posted by Mara | May 8, 2012, 2:53 pm
  2. mas kalo rom SGSII V9 bisa gak? terus sudah saya coba pakai S2E yang bisa dicentang cuman Download cache mas… gapapa kan gak pengaruh? saya partisi dengan mini tools partition wizzard home edition… bisa kan mas?

    Posted by Junior | July 7, 2012, 9:04 pm
    • Setau saya, rom SGSII itu Stock Based rom, jadi gak bisa pake s2e..
      Sebaiknya gunakan darktremor script dan aplikasi a2sdgui.
      Untuk partisinya, Kalo sd-card bisa dibaca oleh hp berarti gak apa2. Masalahnya saya belum pernah coba, jadi gak saya sarankan karena beresiko sd-card rusak.

      Posted by angga2oioi | July 9, 2012, 8:29 pm
  3. oke gan siip sukses……………..
    tp kendalax Swap gak nyala….

    Posted by AnggaFrieden | July 17, 2012, 10:19 pm
  4. gan.. ini cara dengan custom rom CM7 yah? tapi kenapa kok agan bilang
    “Jika anda menggunakan ROM selain CM7, maka anda harus menggunakan script darktremor yang bisa didownload disini. Setelah download, install script tersebut via CWM Recovery lalu restart.
    Untuk mengaktifkannya, anda perlu aplikasi A2SDGUI yang bisa anda dapatkan dari playstore.
    Setelah install, jalankan aplikasi tersebut dan aktifkan opsi apps on dan zipalign.”

    kalo pake custom rom CM7.. langkah diatas harus diikuti gk?
    Thx

    Posted by Leo | July 26, 2012, 11:42 pm
  5. ok nanti mo di coba…..

    Posted by jousan | September 19, 2012, 3:01 pm
  6. sudah aku lakuin semua step by step , mulai root berhasil , . CWM Recovery yang versi 5.0.2.6 , udah di partisi dgn perbandingan 1:4 micro sd ku 8 gb jd tk buat 2 gb .
    udah menggunakan script darktremor , lalu saat buka A2SDGUI malah keluar kata” ini : 1.your device is not rooted , 2. AS2D Scripts could not be found 3. No EXT partition found .

    mohon pencerahan secepatnya ! pliss

    Posted by Alb | November 22, 2012, 9:28 pm
    • Sorry, saya lupa tulis yang ini.
      coba install kembali script darktremornya yg didownload dari link yg saya kasi..
      tapi kali ini PASTIKAN anda sudah melakukan MOUNT >> /SYSTEM sebelum melakukan installasi..

      trims

      Posted by angga2oioi | November 23, 2012, 1:32 am
      • gan punya ane kan uda ane partisi nihh… dan berhasil dari cara ini.. tapi misalkan ane mau ganti rom lagi. tar partisi nya ilang kaga ??? cz kan ganti rom.. mohon pencerahan nya gan. suwon

        Posted by willy28 | December 27, 2012, 9:53 pm
      • Partisi gak kan ilang
        Tapi script dark-tremor nya aja harus diinstall lg.

        Posted by angga2oioi | December 27, 2012, 11:47 pm
  7. Gan, saya kan udah berhasil partisi SDCard saya menjadi 3 bagian fat32 EXT4 dan SWAP
    Tapi pada S2E saya kok partisi ext nya gk kebaca? pada bagin atas tulisannya Data:50mb EXT:–
    Dan pada menu awalnya gak bisa di centang, tapi pada bagian setingnya bisa di centang

    skarang posisi saya pada CM 7 .2 -DEMOCRACY FINAL EDITION

    Mohon pencerahannya….

    Posted by Rian | January 27, 2013, 6:27 am
  8. gan ane pake darktremor soalnya ane pake yg SGSII v1.0 ACE, udah ane ikutin smua tapi pas buka darktremor Swapnya gak bisa diaktifin ane pencet masih aja tetep deactive itu knapa ya gan helpp gan internal ane penuh mulu Trims..

    Posted by DHONZ | February 10, 2013, 7:38 pm
    • Partisi swap berbeda dengan partisi untuk external memory.
      Jika partisi external memory berfungsi untuk menambah kapasitas penyimpanan,
      Swap disini berlaku sebagai extra kapasitas ram.
      Jadi wajar klo swap ga bs dinyalain, karena sesuai petunjuk yg saya kasih, swap disetting dengan nilai 0.

      Untuk internal memory yg cpt habis, bs jadi scriptnya tidak terinstall sempurna. Coba cek di settings>storage, cek jumlah internal memory disana. Kalo masih sekitar 128 MB, berarti blom aktif.
      Atau bs juga dalvik-cache nya masih disetting ke internal, cb atur dari a2sdgui untuk memindahkan dalvik cache ke sd-ext.

      Posted by angga2oioi | February 11, 2013, 1:12 am
  9. gimana cara install darktremornya? ._.

    Posted by hesperosfuyuki | April 18, 2013, 2:49 pm
  10. saya mau nanya,
    saya pengguna samsung ace dengan kapasitas sd card hanya 2 gb, seandainya saya ganti dengan 4 gb atau 8 gb, cukup tinggal di pasang saja atau ada mesti di lakukan dulu sebelum memasang sd card, saya takut kalau tiba2 android saya hung,, maklum newbie… terimakasih *^▁^*

    Posted by nasstasia | May 25, 2013, 6:50 pm
    • kalo gak dipartisi sih bisa langsung ganti aja, tapi ya amannya sih matiin dulu, dan jangan lupa pindahin data seperti video/foto/file dll ke sdcard yang baru..

      kalo udah terlanjur dipartisi, lebih baik backup dulu menggunakan titanium backup lalu lakukan factory reset,
      kemudian jangan lupa pindahin datanya dari sdcard lama ke yang baru.. setelah factory reset sdcard yg baru dipartisi lagi kemudian install lagi aplikasi titanium backupnya, trus di restore.

      Posted by angga2oioi | May 26, 2013, 12:06 am
  11. bos..
    gw gah njalanin apa yg ada pada petunjuk itu semua…
    tp alhasil apk dan playstore pun ilang….
    gimana critanya tuh…?

    Posted by ferdhii | October 13, 2013, 5:17 pm
  12. Gan ane mau nanya
    Setelah sd dipartisi jadi fax32,ekt2, hp ane ga bisa nyala (restart terus).
    Tapi kalo sd nya diubah jadi fax32 saja normal.
    “Mohon bantuannya”

    Posted by Heru | October 16, 2013, 11:21 am
  13. gan, ane mau naikin internal sg ace ane. baru brp hr ane root trus naikin vrsi jadi ics. apa data2 gak ilang klo di partisi sdcardnya. atau gpp klo di hapus data zipnya.. mksh gan

    Posted by didim | November 27, 2013, 11:45 am
  14. Halo gan mau tanya, ane pake cusrom cm7.2 mau partisi baiknya pake cara yg mana ya?
    Kalo pake cara yg pertama bisa ga? Kayanya lebih mudah dibanding cara yg ke2..thnxx

    Posted by jhon | February 24, 2014, 12:46 am
  15. Gan, klau mau partisi apakah baiknya sd card d format dlu atau lngsung dlam keadaan sd card berisi data??mhon pncrhannya..

    Posted by dimas | March 17, 2014, 7:25 am

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 97 other followers

