you're reading...
Tweak

Kombinasi trik untuk menghemat battery

Hampir semua pengguna device android mengeluhkan batterynya yang cepat habis termasuk galaxy ace. Dengan kapasitas battery yang cuma 1350 mAh jelas kurang untuk mendukung konektifitas, apalagi jika digunakan terus menerus.
Berikut beberapa tips yang bisa anda coba untuk menghemat battery.

1. Usage
Semakin sering hp anda gunakan, tentu saja semakin banyak energi yang digunakan. Jadi gunakan hp anda seperlunya saja. Kalaupun ingin sering2 memakainya, jangan lupa bawa charger atau paling tidak kabel data supaya bisa ngecas kalo battery habis mendadak.

2. Display
Berkaitan dengan poin pertama, semakin sering hp anda menyala, maka semakin banyak energi yang terpakai. Ini bisa diakali dengan mengatur pencahayaan ke tingkat minimal.
Buka setting > display > brightness. Lalu atur slidenya seminimal mungkin tergantung seberapa yang anda butuh.

3. CPU clock.
Jika anda telah melakukan overclock, makan jangan heran jika battery anda cepat habis. Sebaliknya, logika yang sama juga bisa digunakan untuk menghemat battery. Semakin rendah CPU clock yang anda gunakan maka semakin sedikit daya yang anda habiskan. Akan tetapi penurunan cpu clock jelas berpengaruh pada performa. Jangankan di underclock, dengan 800Mhz saja saya masih sering mengalami lag.
Saran saya adalah menggunakan aplikasi untuk mengatur cpu profile seperti yang saya jelaskan pada artikel
custom4ace.wordpress.com/2012/04/07/tweaking-dasar-menggunakan-romtoolbox/.
Dengan cara ini, anda dapat mengatur cpu clock sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Konektifitas.
Berdasarkan pengalaman, sinyal 3g lebih cepat menguras battery daripada sinyal 2g atau wifi. Meskipun 3g memang lebih cepat, tapi jika anda tinggal dikota besar macam jakarta, saya rasa sinyal 2g sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan konektifitas anda, kecuali jika sedang urgent.
Untuk wifi, saya sarankan tetap dimatikan saja kecuali anda yakin ada sinyal wifi yang bisa anda gunakan. Karena proses pencarian sinyal waktu pertama kali wifi dinyalakan malah lebih cepat menghabiskan battery.
Lebih baik lagi jika anda melengkapi hp anda dengan aplikasi juice defender. Tidak perlu yang ultimate, dengan profil balance pun anda dapat menghemat battery karena aplikasi tersebut mematikan semua konektifitas internet anda secara otomatis jika anda mematikan layar. Dan dapat menyalakannya kembali saat layar hp anda menyala / membutuhkan akses internet. Kombinasikan aplikasi tersebut dengan konekstifitas 2g dan wifi off untuk hasil maksimal.

Trik diatas sudah saya coba dan hasilnya lumayan. Battery dicabut dari charger jam 8 pagi tapi sampai jam 9 malam indikator battery masih menunjukkan angka 75%. Dan saya tidak melewatkan informasi yang dialamatkan kepada saya via email, telepon maupun sms maupun social network. Tapi memang saat itu hp sama sekali tidak saya gunakan untuk browsing & multimedia.

CHEERS

About angga2oioi

Everybody's trying to get rich, I just want to rule the world

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: